Polsek Singingi Bakar 5 Rakit PETI di Desa Kebun Lado Kuansing

KUANSING, detak24com – Polsek Singingi bakar rakit tambang emas di Desa Kebun Lado, Kecamatan Singingi. Langkah ini untuk memberantas PETI yang merusak lingkungan.

Informasi dirangkum, Sabtu (06/07/24), aksi pembakaran yang dilakukan Kamis (4/7/2024) ini, merupakan bagian dari langkah serius Polres Kuansing untuk menghentikan aktivitas PETI yang telah merusak lingkungan.

Kapolsek Singingi, AKP Linter Sihaloho mengungkapkan, operasi tersebut berhasil memusnahkan lima unit rakit tambang emas ilegal.

“Operasi ini kami lakukan sebagai tindak lanjut dari informasi yang kami terima melalui media sosial. Setelah kami cek ke lapangan, memang benar ada rakit PETI di sana,” kata AKP Linter Sihaloho diansir tribunpekanbaru.com.

Namun, saat petugas tiba di lokasi, mereka tidak menemukan adanya aktivitas penambangan emas. Diduga para pelaku sudah melarikan diri sebelum polisi datang.

AKP Linter Sihaloho pun mengimbau masyarakat untuk terus memberikan informasi jika mengetahui adanya kegiatan PETI di wilayah mereka.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk terus memberikan informasi apabila mengetahui adanya kegiatan serupa di wilayahnya,” ujarnya.

Sebelumnya, pada 20 Juni 2024, Polres Kuansing juga telah menggerebek kawasan tambang emas ilegal di Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi.

Dalam operasi tersebut, Satreskrim Polres Kuansing berhasil mengamankan dua pelaku dan membakar 40 unit rakit PETI.

Kasat Reskrim Polres Kuansing, AKP Shilton, mengungkapkan tantangan yang dihadapi petugas saat membawa penambang emas ilegal ke Mapolres.

“Kami dihadang puluhan massa yang mengerubungi mobil petugas. Namun, setelah kami beri imbauan dan peringatan, sekelompok warga tersebut akhirnya membubarkan diri,” ungkap AKP Shilton.

Langkah tegas Polres Kuansing dalam memberantas PETI ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi para pelaku dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. (*)

Editor : Kar

 

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami. Ikuti kami terus di https://detak24.com