banner

WUJUD Peduli Anak, Kejari Pringsewu ‘Diserbu’ Murid TK dan Odong Odong

PRINGSEWU, detak24com – Kantor Kejaksaan Negeri Pringsewu yang dikepalai Ade Indrawan tiba-tiba didatangi puluhan murid Taman Kanak-kanak (TK) serta odong odong, Selasa (20/02/24).

Kedatangan puluhan generasi penerus bangsa tersebut disambut langsung oleh Kajari Pringsewu Ade Indrawan SH MH, Kadis P3AP2KB (Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana), dr Ulin Noha, dan Kabid PAUD Disdikbud Sumarno.

Kajari Pringsewu Ade Indrawan SH MH
Kajari Pringsewu Ade Indrawan SH MH

Ade Indrawan mengatakan, selain dalam rangka outing class (belajar di luar, red), kedatangan murid TK tersebut untuk menghadiri rangkaian Aksi Nasional Perlindungan Anak dan Perempuan. Dalam hal ini bekerjasama dengan Dinas P3AP2KB dan melibatkan Forum Anak Daerah Pringsewu.

“Implementasi dari aksi nasional ini kami melakukan kegiatan kepada anak usia dini dengan memberikan pendidikan hukum dasar dilarang membuang sampah sembarangan lewat aksi teatrikal, pendidikan psikologi dengan melindungi bagian tubuhnya dan berani berpendapat di depan umum,” kata Ade Indrawan usai acara.

Sementara, Kadis P3AP2KB Ulin Noha menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Kejari Pringsewu. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa jadi sosialisasi terhadap anak dan perempuan, serta mengisi kegiatan momen Hari Sampah Dunia.

“Sehingga anak-anak diberikan pelajaran sejak dini untuk menjaga bumi,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kabid PAUD  Sumarno mengatakan program outing class memang dilakukan secara rutin ke kantor-kantor yang ada di pemkab Pringsewu. Hal ini bertujuan menambah gambaran cita-cita anak TK.

“Mudah-mudahan anak-anak mempunyai gambaran cita-citanya ke depan. Kalau di kelas kan ga tahu. Tapi dengan adanya outing class wawasan anak-anak bisa  lebih luas,” ucap Sumarno.

Ditambahkan Kepala TK Muslimat, Bulukarto Sugianto menambahkan kunjungan ke kantor Kejari Pringsewu ini diharapkan anak-anak bisa mengenal lebih dekat dengan kejaksaan.

“Saya berharap anak-anak bisa lebih dekat dengan kejaksaan, apalagi selama ini ada rasa takut.  Sekaligus pengenalan profesi lewat outing class yang dilakukan secara fleksibel sesuai dengan tema,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pentas drama suguhan Forum Anak Pringsewu tentang larangan membuang sampah sembarangan. Serta edukasi soal hak anak dan edukasi bagian tubuh anak yang boleh disentuh atau tidak.

Memang, Kajari Ade Indrawan dikenal peduli nasib kaum perempuan dan anak. Selama bertugas di Pringsewu, mantan jaksa Kejari Dumai itu membuat gebrakan dengan membentuk Satgas Inses.

Satgas Inses tersebut telah membuat berbagai kegiatan. Diantaranya, konseling untuk korban Inses, membuatkan rumah, serta mengadakan seminar nasional tema Perlindungan Perempuan dan Anak, yang menghadirkan mantan Ketua KPAI Arist Merdeka Sirait.

Mantan Kajari Bajawa itu juga mendapatkan penghargaan dari KPAI sebagai tokoh publik yang peduli nasib kaum perempuan dan anak.(Rls/berita)

Editor : Kar

Terima kasih telah mengunjungi website kami. Ikuti kami terus di https://detak24.com