banner

GADING Hilang, Gajah Rahman Mati Keracunan di TNTN Pelalawan

PELALAWAN, detak24com – Polres Pelalawan bekerja sama dengan Polda Riau membentuk tim gabungan menyelidiki kematian seekor gajah Sumatera bernama Rahman, di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).

Kejadian tragis ini terjadi pada Rabu (10/01/24) lalu. Kepolisian setempat menyampaikan komitmen tim gabungan dalam mengusut penyebab kematian hewan dilindungi tersebut.

“Saat ini Polres Pelalawan bersama Polda Riau telah membentuk tim gabungan untuk mengusut kematian seekor gajah Sumatera binaan Balai TNTN bernama Rahman. Kami beserta tim gabungan akan berusaha semaksimal mungkin mencari tau penyebab dan pelakunya” kata Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, dalam konferensi persnya dikutip Sabtu (13/01/24).

Menurut penjaga yang menemukan hewan malang tersebut, saat ditemukan sudah dalam keadaan lemas. Gading di sebelah kirinya terpotong serta hilang.

Upaya penyelamatan telah dilakukan dengan memberikan obat, susu, dan gula cair menggunakan selang sesuai petunjuk dokter. Namun, nyawa gajah tidak dapat tertolong.

Sementara, Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo, Heru Sutmantoro, menjelaskan bahwa setelah dilakukan tindakan nekropsi oleh tim dokter hewan BBKSDA Riau, dugaan sementara menyebutkan kematian gajah Rahman disebabkan oleh keracunan.

Heru Sutmantoro segera berkoordinasi dan melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kematian gajah Sumatera binaan TNTN menjadi perhatian serius, mengingat populasi gajah Sumatera sendiri sudah terancam punah.

Diharapkan, hasil penyelidikan tim gabungan dapat mengungkap kebenaran dan membawa pelaku keadilan, serta memberikan pelajaran untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan terhadap satwa yang dilindungi. (Rls/Berita)

Editor : Kar

 

Terimakasih telah mengunjungi website kami. Ikuti kami terus di https://detak24.com