banner

LISTRIK Mati Total 10 Jam di Sumbar, 600 Ribu Warga Terdampak Blackout

PADANG, detak24com – Sebanyak 600 ribu warga Sumbar terdampak pemadaman total atau blackout listrik hingga 10 jam. Diketahui, pemadaman terjadi sejak Selasa (4/6/2024) lalu.

Warga Sumbar mengaku kecewa atas kejadian blackout tersebut, karena pihak PLN sama sekali tak memberikan pengumuman. Apalagi durasi pemadaman berlangsung selama 10 jam.

Selain listrik padam, jaringan internet juga mati total. Sehingga ratusan ribu warga Sumbar kehilangan komunikasi mereka.

Menurut pihak PLN, pemadaman total terjadi akibat terganggunya transmisi saluran udara tegangan tinggi 275 Kv di Lubuklinggau, Lahat, Sumatera Selatan. Gangguan tersebut kemudian berdampak pada aliran listrik di Sumbar.

Pihak PLN UID Sumbar menyatakan masih menyelidiki penyebab terjadinya blackout tersebut. Menurut Eric Rossi Priyo dari PLN UID Sumbar, Kamis (6/6/2024), pihaknya telah melakukan pemeriksaan pada 300 tower di sepanjang 90 km yang bermasalah.

Sejauh ini sudah 270 tower yang diperiksa. Ia menyatakan, dibutuhkan waktu 8-10 jam sejak kondisi padam untuk memulai aliran listrik kembali.

“Insyaallah pagi ini sudah mulai beberapa pembangkit masuk di sistem PLN. Harapannya dalam waktu 9-10 jam ini mulai ada pemulihan,” paparnya. (*)

Editor : Kar

 

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami. Ikuti kami terus di  https://detak24.com