banner

PIMPIN Operasi Pemadaman Karhutla Tanjung Palas, Ini Pesan Kapolres Dumai!

DUMAI, detak24com – Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton memimpin upaya pemadaman karhutla Tanjung Palas Kecamatan Dumai Timur, Selasa (27/02/24).

Kapolres Dumai bersama Kabag Ops Polres Dumai Kompol Mahendra Yudhi Lubis dan KBO Sat Samapta Polres Dumai Iptu Sukadis melaksanakan upaya pemadaman karhutla Tanjung Palas yang terjadi di dua titik. Yakni, di Jalan Dumai Motor RT 004 dan Jalan Tanjung Sari RT 015.

Baca juga :

KARHUTLA Dumai : 6,5 Hektare Lahan di Tanjung Palas Membara, Terjadi di Dua Lokasi

Kondisi lahan yang berada tak jauh dari pemukiman warga, membuat Kapolres Dumai bersama personel Polres Dumai bergerak cepat untuk memadamkan api, agar tidak menyambar pemukiman warga sekitar.

Setibanya di lokasi karhutla Tanjung Palas, Kapolres Dumai langsung melakukan pemadaman di lahan gambut tersebut menggunakan alat yang telah disediakan.

Selain personil Polres Dumai kegiatan pemadaman ini juga dilakukan bersama Bhabinkamtibmas dan personil Polsek Dumai Timur yang selalu siap siaga dalam melaksanakan pemadaman karhutla.

Ditegaskan Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, Satgas Karhutla Kota Dumai khususnya Polres Dumai dan Polsek jajarannya berkomitmen akan segera dan secepatnya memadamkan kebakaran hutan ataupun lahan di wilayah Kota Dumai dan pantang pulang sebelum api benar-benar padam.

Tak lupa pula, Kapolres Dumai mengimbau seluruh masyarakat khususnya Kota Dumai untuk tidak membakar lahan sembarangan baik untuk membersihkan ataupun membuka lahan.

“Indonesia saat ini mengalami musim elnino sehingga menimbulkan kondisi yang lebih kering dan bisa menyebabkan kemarau cukup panjang. Jangan membersihkan apalagi membuka lahan dengan cara membakar. Polisi akan menindak tegas pelaku yang mengakibatkan Karhutla,” tegas Kapolres.

Dari lokasi pemadaman dengan semangat Polri Presisi dan rasa tulus ikhlas mengabdi, AKBP Dhovan Oktavianton saling bahu-membahu bersama personel TNI-Polri, BPBD Kota Dumai, Manggala Agni, Regu Pemadam, perwakilan Kantor Kecamatan Dumai Timur dan Kantor Kelurahan Tanjung Palas, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta masyarakat sekitar.

Pantauan di lokasi karhutla Jalan Tanjung Sari, Tanjung Palas, Rabu (28/02/23), aparat kepolisian dibantu warga sekitar masih bertungkus lumus padamkan si jago merah. Operasi pemadaman karhutla kali ini dipimpin Kapolsek Dumai Timur Kompol Yusup Purba.

Kondisi musim kemarau serta lahan gambut, serta peralatan seadanya menyulitkan petugas menjinakkan karhutla. Bara api terlihat telah padam, namun asap masih membubung.

“Saya berharap agar api secepatnya padam, karena jarak karhutla dengan rumah saya sangat dekat. Hanya sekitar 100 meter saja,” harap Pak Mamat, warga sekitar. (Rls/berita)

Editor : Kar

 

Terima telah mengunjungi website kami. Ikuti kami terus di https://detak24.com