banner

HUJAN Tiga Jam, Banjir Dumai ‘Tenggelamkan’ Jalan dan Pemukiman Warga

BERBAGI
Kondisi banjir di Jalan Hangtuah, Buluhkasap Dumai
Kondisi banjir di Jalan Hangtuah, Buluhkasap Dumai

DUMAI, detak24com – Wilayah Dumai dilanda banjir besar pasca hujan turun sekitar tiga jam, Senin (25/12/23) dinihari. Banjir Dumai merendam rumah, pemukiman dan akses jalan.

Kawasan yang biasa jadi langganan banjir, Kelurahan Laksamana, kawasan Pangkalan Sena, Jayamukti, sekitar Pasar Pulau Payung, Kelurahan Bintan. 

Namun, sekarang banjir Dumai juga merendam kawasan Jalan Hangtuah, Buluhkasap. Padahal, selama ini daerah tersebut belum pernah kebanjiran.

Tak ayal lagi, apa saja perabotan dan barang milik warga hanyut dibawa luapan air banjir Dumai yang sangat deras.

Genangan air juga tampak menenggelamkan jalan protokol yang ada di Kota Dumai. Seperti Jalan Sultan Syarif Kasim, Jalan Sultan Hasanuddin (Ombak) Jalan Merdeka serta Jalan Sukajadi.

Salah satu warga Jalan Hangtuah Kota Dumai mengatakan bahwa banjir karena hujan baru kali ini terjadi di tempatnya.

“Sudah puluhan tahun kami tinggal di sini, baru kali ini mengalami banjir. Parahnya karena hujan pula, dalam bulan ini saja sudah dua kali,” kata Imha, kepada awak media, Senin (25/12/23).

Dikatakannya lagi, pekerjaan drainase di Kota Dumai dijumpai ada dimana-mana, namun kenapa karena hujan beberapa jam saja rumah langsung terendam air. Ia berharap Pemerintah Kota Dumai untuk aktif mengawasi pekerjaan proyek yang ada, apalagi soal parit.

“Kami harap Pemko Dumai untuk aktif dalam mengawasi proyek parit-parit, baru kali ini banjir masuk rumah karena hujan,” pintanya.

Tak hanya warga Hangtuah, salah satu warga Jalan Ombak juga mengalami kebanjiran di rumahnya. Ia mengungkapkan, dalam bulan Desember 2023 sudah 2 kali mengalami kebanjiran.

“Banjir pertama sekitar tanggal 16 Desember lalu, masuk dalam rumah karena rembesan. Gak begitu kali,” ujar Jack.

“Tapi sekarang 25 Desember. Sulit untuk dijelaskan, hanyut semua dibuatnya. Macam lautan,” sambungnya.

Kawasan antara Jalan Kesuma dan Jalan Siliwangi Jayamukti juga menjadi langganan banjir Dumai. Setiap hujan turun walau sekejap, warga harus siap-siap untuk mengungsi.

“Sudah biasa banjir di sini. Setiap hujan, kami mengungsi ke rumah keluarga,” ungkap Siti, warga Gang Melati Jayamukti Dumai.

Dalam pantauan media ini, curah hujan sekira pukul 01.00 WIB dini hari sampai pukul 04.15 WIB cukup tinggi. Rata-rata wilayah Kota Dumai dan sekitarnya tergenang air, dikutip detak24com dari sekilasriau. (*/berita)

Editor : Kar

 

Terimakasih telah mengunjungi website kami. Ikuti kami terus di https://detak24.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here