banner

KPU Meranti Lantik 45 Anggota PPK Pilkada 2024: Jaga Netralitas dan Integritas!

MERANTI, detak24com – KPU Kabupaten Kepulauan Meranti melantik 45 anggota PPK Pilkada 2024 di ballroom Grand Hotel Meranti, Selatpanjang, Kamis (16/05/24).

Pelantikan Anggota PPK terpilih dilaksanakan setelah dinyatakan lulus tes wawancara beberapa waktu lalu. Dimana, 45 anggota PPK tersebar di 9 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Kepulauan Meranti. Masing-masing kecamatan sebanyak 5 orang.

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Katmuji dalam arahannya mengatakan bahwa berdasarkan ketentuan berlaku, masa kerja PPK dalam Pilkada 2024 berjalan sejak ditetapkan pada 16 Mei 2024 sampai dengan 27 Januari 2025.

“Kami berharap kepada Badan Adhoc PPK yang telah dilantik dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang. Dimana PPK akan bekerja aktif selama 8 bulan, terhitung sejak 16 Mei 2024 sampai dengan 27 Januari 2025,” ujar Katmuji.

Selain itu Katmuji juga mengatakan bahwa proses pelaksanaan Pilkada di Kepulauan Meranti saat ini telah memasuki masa penyerahan syarat dukungan calon perseorangan.

Lanjutnya, di Kepulauan Meranti sampai dengan ditutupnya waktu pendaftaran per Ahad (12/05/24) lalu, tidak ada calon perseorangan yang mendaftar ke KPU Kepulauan Meranti. Oleh karena itu dalam waktu dekat pihaknya akan fokus pada tahapan pendaftaran calon dari parpol. Dimana pendaftarannya akan dimulai pada 27-29 Agustus 2024.

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Riau Divisi Hukum dan Pengawasa, Supriyanto yang hadir dalam kegiatan tersebut berharap agar Badan Adhoc PPK yang telah dibentuk mampu untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas di Meranti.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai penyelenggara Pemilu untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan demokratis. Selain itu kita juga bertanggung jawab untuk menjaga kemurnian demokrasi dengan tidak melakukan pelanggaran atau berpihak pada salah satu paslon,” pesannya.

Kegiatan pelantikan Anggota PPK  dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/janji serta penandatanganan pakta integritas kepada 45 orang anggota PPK terpilih yang dipimpin langsung oleh Katmuji (Ketua KPU Kepulauan Meranti).

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Bupati Kepulauan Meranti diwakili Asisten I KH M Mahdi, Kapolres Kepulauan Meranti diwakili Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Dedi Zulkarnain SE, Kejaksaan Negeri Kepulauan Meranti diwakili Kasi Intel Tiyan Andesta SH MH.

Kemudian, Anggota KPU Provinsi Riau Divisi Hukum dan Pengawasan Supriyanto, Komisioner KPU Kepulauan Meranti Hanafi, Romi Indra, Juanda danHusni Setiawan, Danramil 02/Tebing Tinggi diwakili Babinsa Serma Syafii, Danposal Selatpanjang Kapten Laut (E) Saidul Aripin, Kepala Badan Kesbangpol Kepulauan Meranti Wan Zulkifli SH MSi, Kadisdukcapil Agustian Widodo, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal serta unsur Forkopimda. (*)

Reporter : Dion

Editor : Kar

 

 

Terima kasih telah mengunjungi website kami. Ikuti kami terus di  https://detak24.com